Kamis, 02 September 2010

Tips Mengatasi Cartridge HP 21 & 22 yang Sering Rusak


Kali ini saya akan berbagi pengalaman dalam menggunakan printer HP Deskjet F2276 All in-One dengan cartridge yang digunakan adalah HP 21 untuk hitam dan HP22 untuk warna.

Printer saya ini sudah berusia kira-kira 1 tahun dengan pemakaian yang standar dan pengisian sampai artikel ini dimuat masih menggunakan metode suntik dan tinta yang saya pakai adalah DataPrint.

Perawatan printer yang baik salah satunya adalah dengan tidak membiarkan printer nganggur senganggur-nganggurnya... hehehe ^^. Kenapa begitu?
Konon kabarnya,,, printer yang sering dianggurkan akan menyebabkan tinta yang tersisa di dalam cartridge membeku atau kering. Tinta yang kering atau daki yang ada di dalam cartridge ini biasanya menghambat keluarnya tinta saat cartridge dipakai. Di dalam cartridge itu terdapat semacam busa atau kain seperti handuk yang punya daya serap cukup tinggi. Sedangkan tinta itu kan sebenarnya adalah larutan dan larutan itu pasti mengandung benda-benda padat yang bisa mengendap dan kering jika kandungan cairannya berkurang. Nah, alasan inilah yang menyebabkan kabar tersebut masuk akal... So,,,jangan dianggurin tuh printer ya say... Hehehehehe... ^^

Bila keadaan di atas terlanjur terjadi dan saat printer digunakan hasilnya adalah teks yang tercetak seperti di sayat-sayat maka perlu penanganan yang cukup butuh kesabaran...

Berikut beberapa tips yang bisa kita lakukan:

Tips 1. Merendam Cartridge dengan Air Hampir Panas
Metode ini menurut saya menggunakan analogi bahwa air dengan suhu yang berbeda dan tingkat kelarutan yang berbeda akan menyebabkan konveksi atau perpindahan posisi kedua cairan yang berbeda tersebut. Nah, ini akan menyebabkan tinta dan daki dipaksa larut dan keluar dari cartridge kemudian air panas tadi perlahan-lahan masuk ke dalam cartridge sehingga busa di dalam cartridge terisi cairan baru.
Langkah-langkah tips 1 ini, yaitu :
  1. Panaskan air secukupnya dan angkat sebelum mendidih. Suhu air ini kira-kira seperti membuat kamu enggan memasukan jari ke dalamnya.
  2. Masukan air panas tadi ke dalam mangkuk kira-kira setingga setengah ruas jari.
  3. Rendam cartridge ke dalam air tesebut. Cukup ujung cartridge saja yang terendam dan jangan sampai titik-titik di sisi cartridge terendam air sedikitpun. Rendam kira2 selama 15 menit.
  4. Setelah 15 menit, usap-usap ujung cartridge menggunakan tisu basah kemudian usap dengan tisu kering. pastikan cartridge kering betul. Lalu diamkan cartridge sebentar selama 5 menit. Saya sarankan jangan diisi tinta baru terlebih dahulu.
  5. Jika sebelumnya cartridge terisi tinta, maka gunakan cartridge untuk uji coba print minimal 1 lembar. Biasanya bisa dipakai kira-kira 10 halaman penuh. Jika cartridge memang sebelumnya terisi tinta yang sangat sedikit maka kita bisa menyuntikan tinta baru ke dalamnya. Jangan terlalu banyak tinta yang disuntikan. Diamkan sebentar kira 5 menit. Setelah itu gunakan cartridge. Insya Allah, hasilnya memuaskan... ^^
Tips 2. Merendam Cartridge dengan air suhu kamar
Metode ini sama dengan tips 1 di atas. Hanya air yang digunakan adalah air dengan suhu biasa. Ini biasanya saya lakukan saat printer tidak dianggurkan tapi hasil printnya seperti disayat-sayat... hehehe. Hasilnya kadang-kandang berhasil...

Nah,, seandainya tips1 dan tips2 sudah dilakukan tapi hasilnya adalah nol besar terus apa yang mesti dilakukan????
Buang aja cartridgenya.... hehehehe... becanda ^^

Printer HP ini adalah printer yang dikenal memiliki kecepatan print yang jauh mengungguli pesaing-pesaingnya seperti Canon apalagi Epson... Kecepatan yang tinggi ini membutuhkan cartridge yang respon pengeluaran tintanya cepat juga. Terkadang cartridge yang cukup tua tidak sanggup menggungguli kecepetan printer yang tinggi sehingga hasil printnya bagus dan cemerlang pada awal halaman tapi teks tersayat-sayat pada akhir halaman.
Pengalaman yang saya jumpai dengan printer berumur 1 tahun adalah demikian.

Aplikasi yang digunakan atau format document yang digunakan untuk mencetak juga berpengaruh terhadap kecepatan print.

Jika Anda menggunakan Microsoft Word untuk mencetak document, kejadian di atas biasanya terjadi. Document berfomat doc mudah untuk dicetak terutama yang hanya berisi teks sehingga teks yang tersayat-sayat di akhir halaman pasti terjadi.
Jangan putus asa dan jangan marah-marah seandainya ini terjadi.

Penyelesaiannya adalah buat document yang akan anda print menjadi seolah-olah berformat image. Salah satu cara mengubahnya adalah dengan convert document ke format pdf.
Dengan format pdf, teks sudah lebih mirip image sehingga kecepatan print menjadi berkurang dan ini mambantu cartridge tua kita mengeluarkan tinta dengan maksimal.

Metode ini sudah dicoba lho... dan sangat berhasil....

Selamat mencoba yah kawan...

Sekarang saatnya back to skripsi... heheheh^^ Ganbatte minna!!!

9 komentar:

  1. doumo arigatou gozaimasu *bows*

    BalasHapus
  2. Mantap gan.. ini dia jawabannya.. printer hp 2276 ane pake infusan.. sering banget tersayat sayat cz catridge hp 21 ane rekondisi alias bekas.. hehehe..

    BalasHapus
  3. nanya dong gan ..kan sama" pake printer HP 2276 nih...klu printer slalu keadaan huruf E pada seven segment trs menerus itu knp ya...perasaaan pemasangan udah betul...trs knp ya pada printer klu di scan/ buat fotocopy scara langsung lewat printer ngk bisa...bisanya melalui software pd komputer..., tau ngk tau tolong di jawab ya gan...thanks..

    BalasHapus
  4. thanks u very much mas broo....

    BalasHapus
  5. Mantap Jaya, Masbro...
    Kalau saya pakai metode, uap hasil didihan air magiccom,yang keluar dari lubang uap nya saya arahkan ke bagian print head cartridge.
    Intinya untuk menghilangkan endapan tinta di bagian print headnya...
    Thank's for the idea...

    BalasHapus
  6. wah thanks berat gan
    tapi apa teknik ini bisa di aplikasikan ke cartridge canon (yang udah di modif infus) ?

    soalnya salah satu tinta warna kadang suka tidak keluar dan hasilnya seperti di sayat-sayat

    BalasHapus
  7. aduuh,ketinggalan tips nya nih, udah terlanjur ganti cartride sampe 3 kali,-_-

    BalasHapus
  8. nambahain brada..
    untuk tinta kering bisa dicek pada plat bawah print head, coba tempel ke tissu. jika tinta tidak keluar berarti tinta habis atau kering. untuk yang kering bisa di uapkan atau direbus atau dicongkel untuk membersihkan bagian box pengisian tinta. perebusan tidak akan membuat konslet kecuali waktu pemasangan ke printer dalam keadaan kurang kering.
    untuk tinta yang masih keluar dan yang warna masih jelas di print head tapi bergaris waktu mencetak dan mode E tetap menyala. berarti cartridge sudah rusak, jangan ambil pusing dengan eksperimen yang malah akan merusak perangkat printer. beli baru atau minta cartridge bekas ke orang yang malas refil atau infus. dengan kata lain satu catridge bukan untuk selamanya.

    BalasHapus
  9. mau nxk untuk perbaiki hp desjet J3608 all in one cadride eror.?? tak cbk bersihin conektorx ttep aja.. tak nyobain sprti d ats ttep aja…. gimana donk minta bantuan solusinya… Sebelumnya trimaksih…………

    BalasHapus